Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Laptop Tidak Merespon

Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Laptop Tidak Merespon

Harga laptop Acer terbaru sangat bervariasi. Dari harga yang paling mahal sampai yang terjangkau untuk kalangan mahasiswa, ada semua. Tinggal pilih yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Namun kadang laptop Acer yang anda miliki mengalami macet atau tidak bisa digunakan. Biasanya terjadi ketika laptop anda sedang menjalankan program berat. Bisa juga menjadi tanda laptop anda mengalami kerusakan sistem tertentu.




Laptop yang macet, hang, atau not responding sangatlah mengganggu karena tidak bisa digunakan. Bagaimana mau menggunakan, anda menggerakkan kursor saja tidak bisa. Apalagi jika masalah ini anda hadapi ketika sedang mengerjakan sesuatu di laptop dan belum disimpan. Ya sudah, berkali-kali lipat bencinya.

Ketika anda mengalami masalah not responding, lakukan langkah-langkah ini untuk menyembuhkannya.




Buka task manager
Untuk mengatasi masalah not responding pada laptop anda, ada shortcut keyboard yang harus selalu anda ingat, yaitu : CTRL + ALT + DEL.

Shortcut tersebut fungsinya untuk membuka task manager. Jika jendela task manager telah keluar, akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dan statusnya. Status Running untuk aplikasi yang berjalan normal. Status Not responding untuk aplikasi yang mengalami masalah.

Biasanya laptop yang not responding disebabkan oleh program yang berjalan terlalu banyak dan berat. Karena itu, pilih aplikasi yang akan anda tutup kemudian klik End Task. Jika aplikasi sudah berhasil ditutup, laptop anda akan normal kembali.

Matikan paksa
Cara lainnya yang lebih mudah adalah dengan mematikan laptop secara paksa. Caranya dengan menekan tombol power selama 5 detik hingga laptop mati dengan sendirinya.

Tidak usah merasa sayang dengan harga laptop Acer terbaru yang anda miliki. selama cara ini ampuh membuat laptop anda berfungsi normal kembali, kenapa tidak?

Jika sudah mati, anda bisa membiarkannya beberapa saat dulu. Lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol power yang sama. Nanti akan ada pilihan untuk ‘start windows normally’ atau pilihan lainnya seperti ‘safe mode’.

Uninstall software
Ada berapa software yang anda miliki di laptop yang jarang digunakan? Nah, coba deh sesekali bersih-bersih software tidak berguna ini. software yang sebaiknya anda bersihkan adalah yang memiliki ukuran besar, jarang digunakan, atau memiliki 2 software untuk kegunaan yang sama.

Menginstall 2 antivirus dalam satu laptop juga bisa menjadi sumber masalah ini. Buang salah satu dan pertahankan yang lainnya jika ingin kinerja laptop anda kembali baik.

Service laptop
Ini menjadi pilihan terakhir jika semua hal sudah anda cek dan coba namun tidak membuahkan hasil. Anda sebaiknya membawa laptop anda untuk diservice dan diinstall ulang. Bisa jadi ada kerusakan pada laptop anda yang tidak anda sadari pada hardware-nya. Karena itu butuh tangan yang ahli untuk mengatasinya.

Nantinya akan diketahui apakah laptop anda hanya butuh diservice, dibersihkan komponennya, diinstall ulang, atau bahkan disarankan menambah RAM agar performanya semakin lancar. Mungkin juga anda akan direkomendasikan untuk mengecek harga laptop Acer terbaru karena laptop anda ternyata harus ganti dengan yang baru.

Itulah 4 hal yang sebaiknya anda lakukan ketika dihadapkan pada laptop yang not responding. Sebenarnya kalau laptop anda tidak digunakan untuk membuka program yang berat, tidak akan terjadi not responding. Seperti digunakan untuk membuka laman Bukalapak.

Tahukah anda, Bukalapak menyediakan laptop Acer Aspire dengan beragam model dan seri. Anda juga bisa mencari tahu harga laptop Acer terbaru di laman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.