Ketahui Penyebab Ponsel Mudah Meledak

Ketahui Penyebab Ponsel Mudah Meledak

Insiden ponsel meledak bukan hal yang asing lagi di telinga masyarakat modern. Beberapa waktu terakhir, ponsel yang meledak menyebabkan korban terluka. Ponsel yang meledak pun bervariasi mulai harga kelas menengah hingga premium. Kenapa ya? Mungkin Anda masih ragu hendak membeli ponsel dengan harga mahal karena insiden ponsel meledak ini. ​Harga HP Huawei terbaru yang relatif premium bisa saja menyebabkan insiden yang sama.

Ya, Anda membeli ponsel berbagai merek bisa saja mengalami kecelakaan yang sama jika melakukan berbagai kesalahan. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan ponsel berkelas pun bisa meledak.




1. Pengisian daya yang berlebihan
Mengisi baterai ponsel sebaiknya memperhatikan aturan agar baterai bisa memiliki umur yang panjang. Sebaiknya Anda mengisi baterai sebelum benar-benar habis atau berkisar 20 persen dan mencabut charger setelah terisi 80 persen. Terlalu lama mengisi baterai ponsel dikhawatirkan bisa menyebabkan baterai ponsel overheat atau kepanasan.

Ponsel yang tengah diisi bisa menciptakan panas tersendiri. Faktor pendukung kerusakan fisik ponsel akan berpeluang merusak bagian ponsel. Jika pengisian terus berlanjut akan mendorong reaksi kimia dan sistem tidak bisa mendinginkan atau lebih
dikenal dengan nama thermal runaway. Elektrolit baterai bisa menciptakan panas dan uap sehingga membangun tekanan yang memecah casing ponsel dan terbakar.




2. Kerusakan fisik
Kenapa Anda sangat disarankan untuk membeli produk ponsel resmi? Misalnya Anda membeli ponsel berkelas seperti Huawei yang menjamin packing dan garansi resmi dari perusahaan. ​Harga HP Huawei Mate terbaru yang rilis di Indonesia wajib Anda beli di outlet resmi. HP Huawei Mate 20 bisa diisi menggunakan sistem wireless charging lho! Jadi, jangan sampai tertipu produk ponsel palsu yang tidak menjamin kualitas.

Barang yang tidak resmi bisa saja memiliki kerusakan fisik pada ponsel sehingga berisiko menyebabkan ledakan. Kerusakan fisik pada baterai bisa menyebabkan elektrolit mudah panas dan memecah casing ponsel. Akibatnya jelas sangat fatal, bukan? Selain itu, kerusakan fisik bisa juga terjadi akibat ponsel kesayangan Anda terjatuh yang menyebabkan konslet internal komponen ponsel.

3. Jangan lakukan kebiasaan buruk menggunakan ponsel
Kesalahan yang sering dilakukan banyak pengguna ponsel adalah melakukan aktivitas ponsel saat tengah melakukan pengisian daya baterai. Harga HP Huawei terbaru memang bisa Anda beli kembali tetapi pertimbangkan kesehatan diri sendiri dan orang-orang tersayang ya! Sebaiknya kamu melakukan pengisian ponsel tanpa menggunakan ponsel untuk aktivitas apa saja khususnya menelepon.

Sebaiknya Anda juga menghilangkan kebiasaan buruk seperti suka meminjam charger ponsel orang lain. Sebaiknya senantiasa gunakan charger ponsel asli termasuk tidak menggunakan charger non original. Selain itu, Anda juga harus meminimalisir penggunaan power bank. Power bank sebaiknya digunakan saat kondisi darurat seperti perjalanan jauh atau traveling.

Mengetahui penyebab ponsel mudah sekali meledak bisa meminimalisir risiko insiden yang bisa merugikan diri sendiri. Tak hanya kerugian fisik, finansial Anda juga bisa terganggu untuk membeli gadget baru. Sebaiknya Anda juga memastikan bahwa ponsel yang dipilih telah memiliki kredibilitas tinggi dari sektor kualitas. Pilih ponsel yang telah mendapatkan sertifikasi baterai berkualitas tinggi seperti yang dijelaskan oleh Android Authority.

Berdasarkan ulasan informatif di atas, Anda wajib mempertimbangkan ponsel merek Huawei yang telah terbukti berkualitas dan aman. ​Harga HP Huawei terbaru ​yang resmi bisa Anda dapatkan di Bukalapak sekarang juga! Belanja online yang mudah, anti ribet dan menjamin keaslian produk ponsel Huawei hanya di Bukalapak.com saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.