IDX80, Indeks Anyar BEI

IDX80, Indeks Anyar BEI

Jakarta – Adanya kebutuhan ragam indeks saham membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks terbaru di awal 2019. Indeks berisi 80 saham yang tercatat di BEI itu diberi nama IDX80. Tujuan peluncuran Indeks ini diantaranya untuk mendukung potensi pasar produk reksa dana dan ETF yang berkembang, yang membutuhkan alternatif indeks saham untuk dijadikan benchmark dan underlying.

Menurut Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi, indeks IDX80 mirip dengan indeks saham LQ45, yaitu indeks dari 45 saham paling likuid di BEI. Perbedaannya, Indeks IDX80 ini memiliki jumlah saham yang lebih banyak yaitu 80 saham, sehingga pengguna indeks memiliki pilihan saham yang lebih banyak. Hal ini akan mempermudah pengelola dana yang menjadikan Indeks IDX80 sebagai acuan, khususnya pengelola dana aktif. Sama seperti Indeks LQ45, IDX80 juga memasukkan penyesuaian free float saham sehingga diharapkan mencerimkan pergerakan harga saham dengan lebih akurat. IDX80 menjadi indeks saham ke-22 yang ada di BEI.




Hari dasar IDX80 adalah 30 Januari 2012 dengan nilai dasar 100 dan mulai efektif berlaku pada 1 Februari 2019. Penghitungan Indeks IDX80 menggunakan metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighting yaitu metode yang menggunakan kapitalisasi pasar free float sebagai bobot dan mengenakan batasan maksimal bobot (cap). Free float adalah total saham scripless yang dimiliki oleh investor dengan kepemilikan kurang dari 5%. Rasio free float adalah jumlah saham free float relatif terhadap total saham tercatat.

Proses seleksi IDX80 diawali dengan penentuan saham-saham semesta (universe), yaitu memilih 150 saham dari seluruh saham tercatat berdasarkan total nilai transaksi di pasar regular selama 12 bulan terakhir. Dari 150 saham tersebut dipilih 80 saham konstituen Indeks IDX80 dengan mempertimbangkan faktor likuiditas, yaitu nilai dan frekuensi transaksi di pasar reguler, jumlah hari transaksi di pasar reguler dan kapitalisasi pasar saham free float. Juga faktor fundamental mencakup kinerja keuangan, kepatuhan, dan lain-lain.




 

IDX 80 menjadi universe dari indeks LQ45 dan IDX30. Evaluasi konstituen Indeks IDX80 terdiri dari Evaluasi Mayor yang dilakukan setiap bulan Januari dan Juli serta Evaluasi Minor yang dilakukan setiap bulan April dan Oktober. Hasil evaluasi ini akan efektif pada hari bursa pertama bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Leave a Reply

Your email address will not be published.