Akan Bebas Bersyarat, Terorsi IniTak Mau Menandatangani Surat Pernyataan Setia Kepada NKRI

Akan Bebas Bersyarat, Terorsi IniTak Mau Menandatangani Surat Pernyataan Setia Kepada NKRI

Jelasberita.com|  Abu Bakar Baasyir adalah seorang mantan teroris yang tertangkap dan terbukti bersalah serta di jatuhi hukuman oleh pengadilan dengan masa hukuman 15 tahun penjara.

Nama ini kembali mencuat kepermukaan setelah pernyataan orang nomor satu di Indonesia, bahwa akan memberikan grasi kepada Abu Bakar Baasyir. Presiden Jokowi memberi grasi ini dengan alasan kemanusiaan, dimana Abu Bakar Baasyir sudah sepuh dengan umurnya yang mencapai 81 tahun. Dengan umur 81 tahun ini, Baasyir juga sudah sering sakit-sakitan.




Pengacara TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra mengatakan bahwa dia sudah berbicara dengan Ustad Abu Bakar Baasyir dan beliau menerima tawaran tersebut. Dalam percakapan mereka, Ustad Abu Bakar Baasyir juga mengatakan bahwa dia tidak ingin melakukan aktivitas apapun, bahkan tidak menerima tamu. Ustad Abu Bakar Baasyir mengatakan bahwa yang terpenting baginya adalah kedekatannya dengan keluarga dimasa tuanya ini.

Namun, hingga saat ini Direktorat Jenderal Pemasyarakatan atasi Dirjen Pas Kementerian hukum dan HAM menyatakan bahwa hingga saat ini mereka belum menerima surat keputusan apapun dari Presiden Jokowi mengenai berita pembebasan Ustad Abu Bakar Baasyir.




Seperti dilansir dari Tempo.co, Sabtu (19/1/2019), Kepala Bagian Humas Dirjen PAS Kemenkuham, Ade Kusmanto, mengatakan bahwa alasan dari belum keluarnya surat pembebasan atau grasi tersebut karena, ustad Abu Bakar Baasyir tidak mau menandatangani surat pernyataan kesetian kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Bukan hanya itu, pembebasan bersyarat ini belum diusulkan oleh Kepala Lapas Gunung Sindur ke Ditjen Pas Kemenkuham.

Ketidakinginan Ustad Abu Bakar Baasyir menandatangani surat pernyataan tersebut dianggap pakar hukum bisa mengacaukan sistem. Karena tidak ada landasan berupa persyaratan administrasi. Dan jika hal itu terjadi maka akan terjadi pengacauan sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.