Apa yang Menyebabkan Remaja yang Meminum Air Rebusan Pembalut Mabuk?

Medan, Jelasberita.com| Kenakalan remaja saat ini sudah tak bisa di toleransi dengan kata-kata. Dari membolos disekolah, membantah perintah orangtua dan guru, lebih peduli dengan sosmed dari pada pekerjaan rumah, dan mabuk-mabukan bahkan keranah yang lebih parah yaitu narkoba, ini semua adalah kenakalan-kenakalan remaja masa kini.




Dan kini, para remaja yang sedang tanggung karena tidak punya uang untuk membeli minuman-minuman keras yang mahal harganya, mereka sekarang meminum air rebusan dari pembalut. Hal ini di ketahui setelah adanya beberapa laporan di daerah Jawa dan Jakarta. Walaupun begitu, untuk pencetus dari meminum air rebusan pembalut ini belum diketahui.

Setelah mendapat laporan ini, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) langsung turun tangan untuk menyelusuri dan mendalami kasus ini. Hal ini dilakukan karena banyak warga yang resah dan takut akan dampak dan efek dari minuman yang tidak lazim ini. Para orangtua dan warga pun bertanya-tanya apa kandungan pembalut sehingga membuat para remaja nakal tersebut mabuk setelah minum air rebusan tersebut.

Oleh karena itu, ini adalah bahan-bahan umum yang biasanya terkandung dalam pembalut,

  1. Pewangi

Untuk mengurangi bau tak sedap, pembalut biasanya diberikan pewangi. Pewangi ini tentu saja sudah melewati tahap uji dari pihak kesehatan agar baik untuk kulit daerah sensitive.




  1. Klorin

Zat Klorin ini juga merupakan bahan yang terdapat dalam pembalut pada umumnya. Klorin adalah sebuah zak kimia yang biasanya digunakan untuk memutihkan air, kertas, pakaian, dan sebagainya. Sebelum kasus ini terjadi, pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sudah mengeluarkan pernyataan bahwa zat klorin ini tidak bagus untuk kesehatan sehingga tidak baik untuk di konsumsi. 

  1. Gel Penyerap

Untuk bahan umum ini, pasti sudah umum, karena tugas utama dari pembalut adalah untuk menyerap cairan dalam volume tertentu sehingga pembalut biasanya terbuat dari campuran katun dan serat selulosa.




  1. Residu Dioksin dan Pestisida

Dilansir dari Liputan6.com, (12/11/2018) dalam pembalut juga terdapat bahan-bahan ini. Dan bahan-bahan ini adalah bahan berbahaya bagi tubuh sehingga dapat menyebabkan kanker.

 




Leave a Reply

Specify Facebook App ID and Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Facebook Login to work

Your email address will not be published.