Era Digital Mempermudah Investasi Di Pasar Modal

Jakarta – Kemajuan teknologi ikut memajukan perkembangan ekonomi di dunia. Masifnya perkembangan ekonomi digital saat ini turut memberikan dampak positif bagi kemajuan pasar modal Indonesia. Saat ini   perdagangan berbasis elektronik dan aplikasi (e-commerce) berkembang pesat. Termasuk yang kini menjadi tren perkembangan layanan finansial teknologi (fintech) yang membuat akses masyarakat berinvestasi di pasar modal semakin mudah dan cepat. 




Melihat perkembangan tren ekonomi digital, Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar seminar pasar modal yang bertema “Berinvestasi dengan Mudah di Era Ekonomi Digital” yang diadakan di Main Hall BEI di minggu terakhir Agustus. Seminar ini merupakan satu rangkaian dari acara Investor Summit 2018.

Investor Summit 2018 dibuka dengan sambutan Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Fakhri Hilmi dan Direktur Utama BEI Inarno Djayadi. 

Seminar Pasar Modal Investor Summit 2018 menghadirkan pembicara utama Presiden Direktur Bareksa.com Ady F. Pangerang, Head of Financial Technology Tokopedia Samuel Sentana, dan Head of Financial & Payment Services BukaLapak dengan moderator Presenter dan Investor Pasar Modal Steny Agustaf. Selain menginformasikan bahwa pembelian reksa dana telah dapat dilakukan melalui aplikasi dari kedua perusahaan, Bareksa, Tokopedia dan BukaLapak juga membeberkan rencana untuk lebih membuka akses dan kemudahan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. 

Dengan semakin mudah dan cepatnya investasi di Pasar Modal diharapkan ke depannya dapat meningkatkan jumlah investor pasar modal berikut investor reksa dana yang per akhir Juli 2018 berjumlah 1.369.810 single investor identification




Selain acara Seminar Pasar Modal, Investor Summit 2018 di Jakarta berlanjut ke acara utama yakni pemaparan kinerja oleh 65 Perusahaan Tercatat. Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari 41 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia yang bertemakan Menuju Pasar Modal Modern Di Era Ekonomi Digital.  

Dalam Investor Summit 2018 di Jakarta sebanyak 15 Perusahaan Tercatat memberikan perkembangan terkini terkait proses bisnis, kinerja dan rencana kerja di hari pertama, 25 Perusahaan Tercatat di hari kedua, dan 25 Perusahaan Tercatat di hari ketiga. Acara ini merupakan kelanjutan dari konsep acara yang di tahun-tahun sebelumnya bernama Public Expose Marathon 2017, atau Investor Summit dan Capital Market Expo yang diselenggarakan sejak 2008 hingga 2016. 




Investor Summit 2018 digelar di 8 kota secara berurutan dari Indonesia bagian Barat (Medan) menuju Indonesia Bagian Timur (Makassar) dan diikuti 91 Perusahaan Tercatat. Medan salah satunya yang telah menyelenggarakan Investor Summit 2018 berhasil menghadirkan 132 investor. Melalui acara ini, investor di daerah memiliki akses informasi lebih baik dan dapat berinteraksi langsung dengan manajemen Perusahaan Tercatat.

Melalui   penyelenggaraan Investor Summit 2018 ada dua manfaat utama. Pertama, menempatkan BEI sebagai fasilitator untuk mempertemukan investor dengan Perusahaan Tercatat terpilih. Kedua, penyelenggaraan Investor Summit 2018 membuka akses dan hubungan yang lebih luas antara investor dengan Perusahaan Tercatat.

Selain itu, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman investor terhadap kinerja Perusahaan Tercatat di BEI, serta meningkatkan likuiditas pasar. Investor Summit 2018 juga diharapkan dapat membantu membangun kesadaran dan ketertarikan masyarakat umum terhadap potensi industri Pasar Modal Indonesia di tengah industri keuangan yang berkembang cepat.

Investor Summit 2018 yang didukung Antara Corp, Bisnis Indonesia, CNBC Indonesia, IDX Channel, IMQ21.com, dan Kontan sebagai media partner, menargetkan 1.300 peserta hadir selama kegiatan berlangsung. Target peserta terdiri atas Analis Perusahaan Efek, Manajer Investasi, Dana Pensiun dan Asuransi, Calon Investor seperti Ibu Rumah Tangga, Wiraswasta, maupun Karyawan, Investor Pasar Modal baik investor saham maupun reksa dana, Mahasiswa dan Pelajar, Masyarakat Umum, serta Media.

Keuntungan bagi Perusahaan Tercatat yang mengikuti Investor Summit 2018, informasi mengenai kinerja Perusahaan Tercatat akan tersebar kepada investor secara lebih luas. Selain itu, apabila Perusahaan Tercatat ikut serta sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam aturan yang berlaku, baik itu melakukannya sendiri maupun ikut serta dalam Investor Summit 2018, maka kewajiban melakukan paparan publik dari Perusahaan Tercatat tersebut telah terpenuhi. (TIM BEI)

 




Leave a Reply

Specify Facebook App ID and Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Facebook Login to work

Your email address will not be published.