Harga Telur Naik, Mendag Menurunkan Ultimatum

Jelasberita.com| telur merupakan salah satu sumber pangan Indonesia dari Lauk Pauk. Cara mengolahnya yang mudah membuat telur tak bisa lari jauh dari dapur masyarakat Indonesia. Namun kini pasca-lebaran, harga telur melonjak naik. Hal ini tentu mengakhwatirkan masyarakat, apalagi ditengaj ajaran baru, masyarakat Indonesia diganduringi dengan pengeluaran untuk sekolah anak-anak.




Oleh karena itu, setelah investigasi dari menteri Mendag, Enggartiasto Lukita selaku menteri perdagangan menduga kenaikan telur ini terjadi karena peran spekulan yang ingin mengambil keuntungan dari tingginya permintaan pasca-lebaran.

Sehingga Menteri Perdagangan, Enggar memberikan Ultimatum untuk menstabilkan harga telur selama tujuh haru kedepan secara bertahap. Dan jika dalam tempo tersebut harga telur tidak berangsur turn maka pihaknya akan bergandeng dengan intergrator untuk menyiapkan telur dan menggelontorkannya ke pasar dalam rangka intervensi pasar.

Seluruh pihak di kerahkan oleh Kemendag untuk menurunkan harga telur, diman Satuan Tugas (Satgas) Pangan di minta untuk melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha nakal yang mengambil keuntungan kelewat besar. Sehingga harus dilakukannya pendataan kepada pelaku usaha.

Bukan hanya Satgas Pangan, kementerian Pertanian juga turut melakukan pemeriksaan terhadap produsen telur untuk antisipasi jangka pangjang.




Ketua Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), Krissantono juga mengakui bahwa peternak disinyalir terlambar mengantisipasi hal ini karena peternak juga mengikuti periode libur panjang.




 




Leave a Reply

Specify Facebook App ID and Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Facebook Login to work

Your email address will not be published.