6 Ide Aktivitas Olahraga Seru Bersama Keluarga

“Bagaimana bisa saya menyempatkan waktu antara kerja, keluarga, dan olahraga?”

6 Ide Aktivitas Olahraga Seru Bersama Keluarga

Pertanyaan ini sering kali muncul pada benak banyak orang. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggabungkan waktu berkualitas antara keluarga dengan olahraga!  Dengan perencanaan yang matang, ini bisa menjadi aktivitas rutin setiap minggu bersama keluarga. Tenang, kamu juga bisa lho memanfaatkan perlengkapan outdoor seperti trampolin, sepeda, dan aktivitas seru lainnya. 

Nah, agar memudahkan kamu dalam menciptakan aktivitas olahraga seru bersama keluarga, yuk, simak 6 ide menarik berikut ini!




  1. Lari di Sekitar Area Rumah

Tahukah kamu? Lari pagi atau sore ternyata dapat mengurangi dampak pikiran stres, lho! Selain itu, jika rutin dilakukan olahraga ini dapat memberikan manfaat baik bagi jantung dan tubuh. Itu sebabnya selain menyehatkan, kamu juga bisa memanfaatkan aktivitas ini sebagai waktu berkualitas bersama keluarga. Jika kamu sulit menyempatkan waktu pada hari-hari kerja, olahraga lari bersama keluarga bisa kamu lakukan saat akhir pekan. Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan acara CFD (Car Free Day) yang diadakan setiap hari Minggu pagi! Tergolong sebagai aktivitas yang tidak memakan banyak biaya, bukan?

2. Bermain Sepeda
Ini dia aktivitas olahraga seru yang paling sering dilakukan orang tua bersama sang buah hati! Pasalnya, olahraga sepeda juga membawa segudang manfaat baik bagi tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan organ jantung, mengencangkan otot, dan mengurangi risiko stres. Namun, jika ingin bersepeda dengan si kecil, pastikan kamu menghindari daerah yang ramai dilintasi kendaraan ya! Jangan sampai si kecil terluka karena aktivitas ini.




3. Bermain Bermain Bulu Tangkis
Kalau olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan di depan atau bahkan halaman rumah saja! Jadi, tidak perlu repot-repot menyewa lapangan bulu tangkis. Yuk, ajak keluarga kamu untuk bermain bulu tangkis pada pagi atau sore hari. Sama hal-nya dengan olahraga di atas, bermain bulu tangkis juga bisa jadi rutinitas bersama keluarga saat akhir pekan. Tertarik untuk mencobanya?

 

4. Olahraga Outbound
Jika kamu memiliki waktu luang lebih, tidak ada salahnya sesekali mengajak sekeluarga bermain outbound. Mengingat ada banyak sekali pilihan tempat bermain outbound yang bisa kamu temukan di Jakarta seperti di Ancol, Bumi Perkemahan Ragunan, Kampung Main Cipulir, dan masih banyak lagi! Menariknya, aktivitas olahraga satu ini juga bisa kamu lakukan bersama keluarga besar. Jadi, jangan ragu ya untuk mengajak seluruh saudara kamu untuk terlibat dalam aktivitas seru ini. Nah, bagi kamu yang tidak terlalu menyukai tantangan, umumnya lokasi outbound juga menyediakan perlengkapan outdoor seperti trampolin atau sepatu roda kok.

 

5. Berenang
Berenang umumnya menjadi aktivitas favorit kebanyakan anak kecil. Itu sebabnya, renang akan menjadi olahraga yang menyenangkan bagi kamu dan si kecil! Selain itu, renang juga sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan karena mampu membakar hingga 300 kalori per jam. Manfaat lain yang bisa kamu dapat adalah memperkuat bagian atas otot tubuh serta mengurangi risiko tubuh terkena penyakit jantung dan paru-paru.

6. Berolahraga dalam Ruangan
Jika lima aktivitas sebelumnya dilakukan di luar ruangan,  kamu juga bisa kok melakukan olahraga dalam ruangan. Contohnya, melakukan aerobik atau latihan fitness sederhana lewat YouTube bersama keluarga. Nah untuk membuatnya jadi lebih menarik, coba adakan turnamen mini! Dijamin cara ini akan membuat aktivitas olahraga jadi tambah seru dan menyenangkan.

 

Menciptakan aktivitas olahraga bersama keluarga ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Yuk, mulai nikmati waktu berkualitas yang menyehatkan bersama keluarga! Semoga artikel ini membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.