Dengan Aplikasi Ini, Kita Tidak Perlu ke Kantor Polisi

Sabtu (23/12) kemarin, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan membuat inovasi spektakuler di bidang teknologi informasi dengan meluncurkan sebuah aplikasi bernama Selalu Aktif dan Siaga, Rakyat Senang dan Nyaman (Sasirangan).
Aplikasi Sasirangan ini menjadi bukti Polri ingin meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.Untuk melaporkan tindak kejahatan, masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ini, sehingga tidak perlu datang ke kantor polisi.
Cukup dengan smartphone atau komputer yang tersambung dengan internet. Lalu, laporan yang masuk ke aplikasi akan disimpan di database terintegrasi Sasirangan.
“Ada juga fitur Locator untuk melacak posisi orang (masyarakat dan petugas), menemukan identitasnya,menemukan posisi kantor polisi terdekat” kata Kapolda Kalimantan Selatan, Brigadir Jenderal Polisi Rahmat Mulyana.
Selain itu, di aplikasi ini juga tersedia fitur Chat, sehingga pelapor dapat berkomunikasi langsung dengan admin. Atau jika dalam keadaan darurat, dapat menekan tombol darurat yang terhubung dengan polres terdekat.
Jika sudah melapor, masyarakat bisa mengecek laporannya melalui fitur Status pelaporan. Sementara para petugas bisa mengetahui perkembangan laporan masyarakat dari fitur Status yang aplikasinya dipisahkan untuk masyarakat dan petugas.
Kemudian, aplikasi Sasirangan bisa dimanfaatkan para petugas untuk mengetahui Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) yang terkoneksi dengan e-penyidikan secara nasional.
“Sistem ini terintegrasi dengan Sistem Informasi Personel Polisi (SIPP), e-Penyidikan Bareskrim, Dukcapil Kemendagri sehingga tidak memerlukan input manual data masyarakat” jelasnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published.