Pelajar Sumedang Tak Sengaja Telan Jarum Pentul

Irma Sopiani (16), pelajar asal Dusun Ciseureuh, RT 03/05, Desa Kadakajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. tak sengaja menelan jarum pentul ketika hendak membetulkan kerudungnya di sekolah, Senin (4/12/2017) lalu.

“Kejadiannya, setelah usai UAS, mau praktek seni, nah anaknya sedang membetulkan kerudung,” ujar Sri.




Menurut Sri, Irma membetulkan kerudungnya dengan cara menggigit jarum pentul penahan kerudung. Saat itu lah jarum pentul tertelan.

Sri mengatakan, setelah jarum pentul tertelan, Irma langsung dibawa ke Puskesmas Tanjungsari.

Namun karena alat tidak memadai, siswi kelas 2 itu pun dirujuk ke RSUD Sumedang. Oleh karena itu Irma langsung mendapatkan prosedur medis lanjutan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Rabu (20/12/2017), sekira pukul 12.00 WIB.

Dikabarkan Irma akan menjalankan operasi. Operasi medis yang dijalankan Irma adalah bronkoskopi untuk mengangkat jarum yang bersarang di rongga dada irma.




Dilansir dari laman docdoc.con, bronkoskopi adalah prosedur kesehatan yang dilakukan dengan memasukkan alat bernama bronkoskop melalui tenggorokan, laring, trakea ke dalam bronkus untuk melihat bagian toraks (dada).

Tindakan ini dapat dilakukan untuk mendiagnosis dan mengobati suatu penyakit serta mengambil sampel jaringan atau mukus melalui tindakan yang disebut biopsi.




Namun, dikatakan Dimas, jika prosedur medis itu belum berhasil, pihak RSHS akan melakukan bedah toraks.

Operasi toraks, dilansir dari docdoc.com, adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari diagnosis dan tindakan operasi untuk gangguan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera pada kerongkongan, paru-paru, dan organ tubuh lain yang ada di dada.

Operasi toraks akan membutuhkan keahlian dari banyak dokter bedah, termasuk dokter bedah kardiotoraks, dokter spesialis penyakit jantung bawaan, dokter toraks umum, dan dokter bedah kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Dimas pun minta didoakan agar prosedur medis yang dilakukan pada keponakannya dapat berhasil.

Artikel ini telah tayang di Tribun Jabar dengan judul: Guru SMAN Tanjungsari Menjelaskan Kronologi Tentang Siswanya yang Tak Sengaja Telan Jarum Pentul




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.