Studi: Bermain Super Mario 64 Dapat Mencegah Demensia

Studi: Bermain Super Mario 64 Dapat Mencegah Demensia

Stimulasi otak telah lama disebut-sebut sebagai cara mencegah demensia.

Demensia adalah suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini dapat ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil.

Sekarang, para ilmuwan telah menguji metode yang tidak biasa untuk menghentikan penyakit demensia, yaitu dengan cara bermain Super Mario 64. Game Super Mario 64 ini diklaim dapat mencegah penyakit demensia. Hal ini terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Professor Gregory West di Universitas de Montréal, Kanada.

Menurut Profesor Gregory West, bahwa dengan memainkan game Super Mario 64 selama 30 jam sehari, dapat menurunkan kemungkinan penyakit demensia. Game tersebut dapat menstimulasi memori dan pengambilan keputusan terhadap para pemain, saat menyelesaikan puzzle sambil melewati peta yang penuh dengan rintangan.

Video game 3D melibatkan hippocampus untuk membuat peta kognitif atau representasi mental dari lingkungan virtual yang sedang dieksplorasi otak.” dikutip dari Daily Mail.

Bahkan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemain Super Mario 64 memiliki hasil tes yang lebih baik dari kelompok lain yang bermain piano dalam waktu yang sama. Padahal, selama ini banyak yang percaya bahwa dengan memainkan piano dapat mengurangi kemungkinan terkena demensia.




Leave a Reply

Your email address will not be published.