Harbolnas 2017 Dinodai Diskon Palsu

Harbolnas 2017 Dinodai Diskon Palsu

Bagi pecinta online shopping, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tentu sangat dinanti-nanti. Ada sekitar 254 e-commerce yang memeriahkan Harbolnas 2017 yang siap memanjakan masyarakat dengan penawaran terbaiknya.

Namun ternyata, masih ada seller-seller nakal yang membuat diskon palsu di Harbolnas 2017. Sama seperti Harbolnas tahun lalu, diskon palsu seperti ini pun banyak ditemui pada kategori elektronik, khususnya smartphone. Diskon palsu ditemukan di salah satu e-commerce besar di Indonesia, Blibli. Modus yang digunakan oleh seller-seller nakal ini adalah dengan menaikkan harga produk secara drastis sebelum memberikan diskon besar.

Dari pantauan Jelasberita.com, harga smartphone Advan Vandroid S5E NXT 8GB dibanderol dengan harga Rp. 9.999.000 dan mendapatkan diskon sebesar 91%, sehingga menjadi hanya Rp. 835.000. Padahal, harga asli smartphone tersebut berkisar Rp. 700.000 sampai Rp. 900.000.

Tidak hanya itu saja, Apple iPhone 6 16GB dibanderol dengan harga Rp 10 jutaan, dan mendapatkan diskon sebesar 68%, sehingga menjadi 3 jutaan.

Padahal, kondisi barang tersebut adalah refurbish. Seperti diketahui bahwa produk refurbish adalah barang yang tidak memenuhi standar kualitas, dikembalikan oleh penjualnya ke pabrik produsen dan dicek apakah masih layak pakai, kemudian dijual kembali dengan harga yang jauh lebih murah setelah melalui proses reparasi dan penggantian komponen rusak/lama. Produk refurbish dapat disertai garansi, walaupun tidak akan sama jangka waktunya dengan barang yang benar-benar baru. Secara fisik, barang refurbish akan terlihat seperti baru karena telah melewati rekondisi dan perbaikan, berbeda dengan barang bekas yang mungkin masih ada cacat seperti goresan, pudar, dan sebagainya.

Karena masih adanya modus diskon palsu seperti ini, bagi anda yang ingin belanja online, disarankan untuk membandingkan harga di tempat lain, dan tetaplah waspada, jangan tergoda dengan diskon besar yang ditawarkan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.