BPOM : Akan Kami Tuntaskan Masalah Formalin Dalam Makanan

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan POM adalah sebuah lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Fungsi dan tugas badan ini menyerupai fungsi dan tugas Food and Drug.

Permasalah saat ini yang sering terjadi adalah masalah penyalahgunaan bahan berbahaya pada makanan yaitu formalin yang ada di dalam makanan sering ditemukan. Masalah ini sangat serius, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan yang menelan bahan mengandung bahan kimia tersebut (formalin).

Data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukan masih adanya permasalahan bidang keamanan pangan, mulai dari kurangnya kesadaran pelaku usaha tentang higienis dan sanitasi proses produksi, penggunaan bahan tambahan yang berlebihan, hingga penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan seperti yang dijelaskan diatas tadi.

Dari data yang ada di tahun 2016, penyalahgunaan bahan berbahaya seperti Formalin, Boraks, dan Methanil Yellow masih ditemukan sebanyak 7.29% dari total 7.752 sampel yang diambil saat pengawasan rutin BPOM. Hal ini pun juga diakui oleh Kepala BPOM, Penny K. Lukito.




“Permasalahan formalin yang jadi masalah pangan akan kami tuntaskan,” ujar Penny, dalam pembukaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (GERMAS SAPA), tambahnya lagi, Rabu (23/11/2017), Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Puan Maharani, Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam tempat yang sama menjelaskan langkah untuk memberantas penggunaan bahan berbahaya dalam makanan olahan tidak bisa hanya dengan melakukan sidak dan menutup produksi makanan yang belum memenuhi standar keamanan pangan. “Kalau kita meminta dia tidak berjualan itu artinya kita mematikan pekerjaan mereka,” ujar Puan.

“Coba datangi jajanan di car free day. Ada banyak yang jualan makanan dan enak-enak. Uji kesehatannya makanan tersebut, pastikan sebelum dijual makanan tersebut sehat dan aman. Terus bisa ditempel dengan stiker GERMAS SAPA. Kan jadi sudah enak dan juga sehat, pasti makin laku,” saran Puan kepada BPOM.




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.