Jumlah Pegawai Bank Berkurang!! Ini Alasannya.

Periode september 2016 hingga september 2017, pegawai bank mengalami penurunan. Beberapa bank besar mengalami pengurangan karyawan. Salah satunya adalah bank Danamon, yang dikabarkan paling banyak mengalami penurunan karyawan. Dimana pegawai bank Danamon mengalami penurunan hingga 1.724 pegawai sepanjang Januari sampai September.

Jumlah Pegawai Bank Berkurang!! Ini Alasannya.

Setelah bank Danamon, Bank Mandiri yang mengalami pengurangan jumlah pegawai yang cukup tinggi yaitu 558 pegawai berkurang. Kemudian ada beberapa bank yang juga mengalami penurunan pegawai, seperti pegawai Bank OCBC NISP berkurang sebanyak 285 pegawai, kemudian CIMB Niaga yang berkurang sebanyak 204 pegawai, Maybank Indonesia 96, Bukopin 94, Bank Permata 90 dan Bank Mega 47 pegawai yang berkurang sepanjang Januari sampai September 2017.

Beberapa bankir berkomentar mengenai masalah penurunan pegawai bank. Penjelasan dari beberapa bankir penurunan jumlah pegawai bank ini bukan sepenuhnya karena pemutusan hubungan kerja, namun ada yang sudah masuk masa pensiun dan bank tidak lagi melakukan penambahan jumlah karyawan.

Kemudian beberapa pegawai di Bank yang dikabarkan mengalami penurunan jumlah karyawan, memberikan penjelasan atau alasan sebab terjadinya penurunan jumlah pegawai tersebut.

Salah satunya , Glen Glenardi, Direktur Utama Bank Bukopin yang menjelaskan mengenai pengurangan terhadap 94 pegawainya.

“Yang pasti di Bukopin tidak ada kebijakan untuk pengurangan pegawai,” kata Glen. Jika pun ada pengurangan pegawai, menurut Glen disebabkan karena mereka mundur, pindah kerja atau melakukan fraud.

Menurut Direktur Bisnis Menengah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Putrama Wahju Setiawan, mengenai masalah penurunan jumlah karyawan bank karena banyak nasabah yang lebih menyukai transaksi yang praktis dan mudah menggunakan teknologi. Seperti internet banking, mobile banking hingga SMS banking. Selain itu juga mulai digalakkannya lesscash society atau gerakan nasional non tunai.

Bank juga akan tetap melakukan pembaruan mesin dan sistem ATM. Hal ini dilakukan agar teknologi tidak ketinggalan zaman, lanjutnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published.