WASPADA!! 4 DAMPAK BURUK GADGET BAGI ANAK YANG JARANG DIKETAHUI

Di zaman digital ini gadget memang merupakan sesuatu kebutuhan manusia. Dompet boleh tertinggal di rumah, tapi kalau ketinggalan gadget, dijamin tuh pemiliknya akan mati gaya. Ya. Begitu lah kondisi dan keadaan saat ini.

Gadget memang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, kecuali para pengguna yang tidak bisa memfilter atau menyaring dengan benar dari segala fungi yang terdapat di dalam gadget tersebut.




Gadget memang sangat diperlukan bagi orang dewasa namun, tidak untuk anak-anak. Kenapa? Karena anak-anak adalah peniru terbaik, anak-anak adalah sosok yang masih begitu polos, sehingga apa yang mereka lihat otomatis akan dengan segera mereka tiru. Ya.. Anak-anak belum bisa melihat mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga gadget sangat tidak baik bagi anak-anak, karena di dalam gadget tersebut tersimpan begitu banyak pengaruh baik maupun pengaruh buruknya.

Dalam hal ini, peran orangtua sangat diperlukan. Karena orangtua bagaikan penunjuk arah bagi anak-anak mereka. Orangtua selalu ingin membahagiakan sang buah hati. Namun banyak juga tipe orangtua yang membahagiakan anak dengan cara yang salah. Cara yang salah, misalnya seperti menuruti semua keinginan anak.

Saat ini banyak orangtua yang memberikan mainan yang salah untuk anak-anak mereka. Mainan yang salah yaitu GADGET. Kenapa gadget? Karena gadget merupakan barang konsumsi untuk orang-orang dewasa bukan untuk anak-anak. Orang dewasa sudah bisa memilih dan memilah mana yang akan dibuang dan mana yang akan diambil dari dampak gadget tersebut. Sedangkan anak-anak sebaliknya.

Banyak orangtua memberikan gadget untuk anak mereka hanya karena anak mereka rewel atau selalu merengek untuk dibelikan gadget. Seharusnya sebagai orangtua kita harus pandai memberikan apa yang pantas untuk sang buah hati.




Bunda tahu apa dampak buruk yang akan anak dapatkan dari gadget? Berikut beberapa dampak buruk dari gadget.

  1. Radiasi

Terlalu lama menatap layar handphone atau gadget akan menyebabkan anak anda terserang radiasi. Anak-anak lebih sensitif terhadap berbagai radiasi dibandingkan orang dewasa, karena sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang.




 

  1. Kebodohan

Kebodohan akan menghantui anak anda, karena anak-anak yang telah kenal dengan gadget otomatis mereka akan kecanduan untuk terus bermain gadget, sehingga mereka lupa akan tugas mereka untuk belajar. Gadget akan sangat menyita waktu anak anda.

 

  1. Membangkang

Anak cendrung marah dan membangkang jika ada orang yang mengganggu kesenangan mereka. Anak-anak akan membantah jika orangtua mereka menyuruh untuk melakukan sesuatu. Karena mereka sedang asik bermain gadget yang diberikan orangtua mereka.

 

  1. Terancam Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas saat ini semakin meluas. Untuk itu harus sangat diwaspadai. Pergaulan bebas itu akan sangat mudah masuk dalam kehidupan anak anda melalui gadget. Bagaimana tidak, dengan gadget siapapun bisa melihat dunia luas dan akan ada banyak orang-orang diluar sana yang memiliki niat yang tidak baik.

Lihatkan bunda, ada begitu banyak dampak buruk yang akan terjadi pada anak-anak kita. Tidak mau kan jika anak kita akan mengalami hal-hal buruk seperti yang telah diterangkan diatas. Untuk itu kita sebagai orangtua harus berhati-hati dalam memberikan apa yang akan dikonsumsi untuk anak-anak. Akan lebih baik jika anak-anak kita bermain dengan mainan yang tidak memiliki pengaruh dan dampak buruk bagi anak-anak. Misalnya seperti permainan tradisional walaupun mungkin sudah hampir dilupakan saat ini. Karena permainan tradisional  memiliki manfaat yang  baik dan pastinya tidak memiliki pengaruh buruk.




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.