Magang ke Jepang 1 Solusi Pengangguran Anak Muda Siantar

Oleh: Nando Damanik

 

Hal yang lumrah aksi kejahatan seperti begal, jambret dan sejenisnya di Kota Pematangsiantar meningkat. Apalagi para pelakunya adalah anak muda yang masih berusia belasan. Publikasi BPS “Pematangsiantar dalam Angka 2017” menunjukkan pertumbuhan tenaga kerja di Kota Pematangsiantar sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Namun, pertumbuhan ini tidak sebanding dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan. Akibatnya, angka pengangguran melonjak. Pada 2016, jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematangsiantar 1.085 orang dengan pencari kerja terbesar berasal dari SMA 415 orang atau sekitar 38,25 persen dari total pencari kerja.




Data terbaru dari BPS Pematangsiantar menjabarkan bahwa komposisi pengangguran terbesar berasal dari anak muda berusia 15-29 tahun yang mencapai 1.005 orang https://siantarkota.bps.go.id/frontend/linkTabelStatis/view/id/159 Mau dikemanakan para pencari kerja yang berjumlah besar ini? Sebagai penduduk Kota Pematangsiantar, penulis bersama tim Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Hiroki berpikir untuk membantu pemerintah secara khusus dan masyarakat secara umum menekan angka pengangguran di kalangan anak muda. Magang ke Jepang 1 Solusi Pengangguran Anak Muda Siantar.

LPK Hiroki didirikan guna membantu pemuda-pemudi Indonesia Umumnya dan Sumatera Utara khususnya dalam persiapan untuk seleksi pemagangan ke Jepang. Lembaga pelatihan kami  bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan IM Japan yang merupakan penyelenggara program pemagangan ke Jepang. Banyaknya minat pemuda pemudi Indonesia umumnya dan Sumatera Utara khususnya untuk dapat ikut dalam program pemagangan ke Jepang, namun tidak memahami prosedur dan proses seleksi yang harus diikuti. Untuk itu LPK siap membantu dan bekerjasama untuk melatih dan mengarahkan pemuda pemudi untuk dapat menjalani prosedur dan proses seleksi yang harus dilaksanakan.

Kami para tim LPK Hiroki yakin dengan bekal magang ke Jepang selama 3 tahun anak muda bakal memperoleh pengalaman luar biasa. Dengan menjadi perantau atau magang ke Negeri Sakura, pemuda-pemudi terpaksa dan mau tidak mau harus menempah dirimu menjadi mandiri. Wawasan mereka tentu luas, kepribadian mereka tentu lebih baik soalnya Jepang terkenal punya displin tingkat tinggi. Dengan magang ke Jepang, mereka berkesempatan untuk memperoleh gaji besar. Bayangkan saja gaji yang diperoleh bisa mencapai 10-18juta per bulan. Dengan merantau ke Negeri Sakura sudah pasti wawasan mereka tentang dunia ini lebih luas. Mereka bisa mengenal budaya, melihat langsung kehidupan banyak macam orang, kemajuan teknologi dan berbagai hal lainnya.

Sejak LPK Hiroki berdiri pada 2016, sudah ada 650 orang yang mengikuti praseleksi, 300 mengikuti pelatihan, 155 lulus seleksi dan 150 bekerja di Jepang. Kami berharap dapat membantu semakin banyak anak muda Siantar yang memperoleh kesempatan magang ke Negeri Sakura. Ada sekitar 61 jenis pekerjaan untuk pelatihan magang ke Jepang. Mulai dari pembuatan box untuk kemasan hingga pandai besi. Semuanya bersifat keterampilan. Ada banyak manfaat yang diperoleh pemuda-pemudi dengan ikut program magang ke Jepang. LPK Hiroki berada di Jl. Bongbongan Raya Simpang Karang Sari Pematangsiantar. Kami siap bantu anak muda magang ke Jepang!

 

 

Profil Nando Damanik

Instruktur Bahasa Jepang di LPK Hiroki, pernah magang 3 tahun di Jepang.

 

 




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.