Desa Nabung Saham

Siapa bilang saham hanya produk investasi untuk orang kota? Sebuah desa bernama Argo Mulyo di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Tengah, menjadi desa pertama yang mencanangkan wilayahnya menjadi Desa Nabung Saham.

Padahal Argo Mulyo jauh berada di pedalaman, dengan jumlah penduduk kira-kira hanya 1.200 kepala keluarga. Hebatnya, separuh dari jumlah kepala keluarga atau 500 orang sudah menjadi investor saham. Sebagian warga desa yang pernah menjadi korban investasi bodong berinisiatif meminta BEI dan salah satu sekuritas di Balikpapan “mengajari” masyarakat desa tentang investasi yang benar khususnya investasi di pasar modal.

Bagaimana bisa separuh kepala keluarganya menjadi investor? Inilah upaya pasar modal menjemput bola. Secara rutin, setiap Jumat sore, trainer BEI dan Sekuritas harus menempuh perjalanan selama 2,5 jam berkelak kelok untuk sampai di Desa Argo Mulyo untuk melakukan kegiatan edukasi yang baru bisa dimulai selepas Isya sampai tengah malam. Kegiatan sosialisasi tersebut tidak hanya dilakukan sesekali. Bahkan, total kegiatan edukasi yang telah dilakukan mencapai 37 kali dalam kurun waktu 5 bulan.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.