GCG Perusahaan Publik di Pasar Modal

Setiap perusahaan selayaknya menjalankan tata kelola perusahaan yang baik dan benar atau yang disebut Good Corporate Governance (GCG). Tetapi yang wajib ber-GCG terutama perusahan publik (emiten). Setiap emiten harus menjalankan GCG karena perusahaan menjadi milik publik, sehingga publik harus mengetahui dengan transparan segala aktivitas perusahaan dan keuangan perusahaan.

Ada lima prinsip GCG yang menjadi pedoman bagi perusahaan atau para pelaku bisnis, yaitu Transparency, Accountability, Responsibility, Indepandency dan Fairness yang biasanya diakronimkan menjadi TARIF.

Transparency (keterbukaan informasi) secara sederhana bisa diartikan sebagai keterbukaan informasi. Dalam mewujudkan prinsip ini, perusahaan dituntut untuk menyediakan informasi yang cukup, akurat, tepat waktu kepada segenap stakeholders-nya.

Setiap emiten harus menyampaikan laporan keuangan setiap kuartal, semester dan tahunan di media massa dan website perusahaan. Perusahaan harus memastikan setiap pemegang saham baik mayoritas maupun minoritas mendapatkan informasi yang sama.




Accountability (akuntabilitas) adalah kejelasan fungsi, struktur, sistem dan pertanggungjawaban elemen perusahaan.

Apabila prinsip ini diterapkan secara efektif, maka akan ada kejelasan akan fungsi, hak, kewajiban dan wewenang serta tanggung jawab antara pemegang saham, dewan komisaris dan dewan direksi.

Responsibility (pertanggungjawaban) adalah kepatuhan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku, diantaranya; masalah pajak, hubungan industrial, kesehatan dan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan hidup, memelihara lingkungan bisnis yang kondusif bersama masyarakat dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.