‘Go Public’ Itu Mudah, Ini Ulasan Lengkapnya.

Banyak pemilik perusahaan di dalam negeri yang pastinya ingin perusahaannya semakin besar. Ingin berekspansi mengembangkan bidang usahanya. Bagaimana caranya? Pasar modal bisa dijadikan solusi.

Perusahaan yang masuk ke pasar modal atau disebut go public juga akan meningkatkan profesionalitas dan transparansi perusahaan, dan memiliki Good Corporate Governance (GCG) yang baik.

Apakah go public itu sulit? Jawabannya mudah. Langkah pertama, perusahaan mencari perusahaan efek yang akan membantu proses go public.

Perusahaan efek yang memiliki izin sebagai penjamin emisi efek (underwriter), bertugas mempersiapkan proses penawaran umum saham hingga melakukan penawaran saham dan membantu proses pencatatan saham perusahaan setelah go public di bursa efek.




Esensi dari proses go public adalah menawarkan saham perusahaan kepada publik, sehingga masyarakat yang membeli saham perusahaan (disebut investor) akan ikut menjadi pemilik perusahaan.

Konsekuensinya, pemilik perusahaan lama tidak lagi menjadi pemilik perusahaan sepenuhnya. Saham pemilik akan terdilusi karena sebagian saham sudah menjadi milik publik.

Tetapi dengan tetap menguasai mayoritas saham perusahaan, pemilik tetap menjadi pemegang saham pengendali perusahaan.

Dana hasil penawaran saham kepada publik bisa digunakan untuk melakukan ekspansi, misalnya membangun jaringan pemasaran, meningkatkan kapasitas pabrik, atau untuk modal kerja.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.