Keterbukaan Informasi Emiten Lewat Public Expose

Dalam dua bulan terakhir paparan publik atau public expose marak digelar oleh Emiten atau Perusahaan Tercatat.

Public expose didefinisikan sebagai suatu pemaparan umum kepada publik untuk menjelaskan mengenai kinerja Perusahaan Tercatat dengan tujuan agar informasi mengenai kinerja perusahaan tersebut tersebar secara merata.

 

Ini merupakan bagian dari kewajiban keterbukaan informasi Emiten kepada masyarakat setelah memperoleh tambahan modal melalui penggalangan dana dari masyarakat.




Di pasar modal keterbukaan informasi harus dilakukan secara teratur, berkala dan tepat waktu, sebab sangat memengaruhi pemodal dalam mengambil keputusan investasi. Selain itu merupakan bentuk perlindungan bagi pemodal.

 

Keterbukaan informasi dalam bentuk paparan publik sebenarnya sudah mulai diterapkan sejak perusahaan berencana menggelar initial public offering.

Calon Emiten memaparkan kinerja dan prospek perusahaannya dihadapan calon investor, analis, perwakilan anggota bursa, serta media massa. Tujuannya agar masyarakat meminati saham perdana yang ditawarkan.

Setelah mendapat pernyataan efektif dan sahamnya resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), maka Emiten wajib menggelar paparan publik minimal satu kali dalam setahun yang dilakukan serangkaian dengan acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.