BEI Pangkalpinang Melaksanakan CMPDP 2017, Siapkan SDM Handal di Pasar Modal

Pasar modal merupakan salah satu leading indicator perekonomian suatu negara. Dengan kata lain, berkembangnya pasar modal di suatu negara menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan perekonomian di negara tersebut.

Sehingga berkembangnya pasar modal akan mendorong pula kemajuan ekonomi negaranya. Salah satu faktor yang cukup mendasari mengapa jumlah investor maupun jumlah perusahaan tercatat di pasar modal Indonesia belum maksimal, disebabkan karena ketersediaan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi di bidang pasar modal masih terbatas.

Keterbatasan jumlah SDM yang memiliki pemahaman dan pengetahuan di bidang pasar modal secara langsung mempengaruhi perkembangan pasar modal di Indonesia.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2016, baru sekitar 29,66% penduduk Indonesia yang memiliki kategori well literate atau melek pengetahuan keuangan.




Tingkat literasi masyarakat Indonesia terhadap pasar modal dan tingkat utilitas produk pasar modal sendiri tercatat masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan 5 industri jasa keuangan lainnya di Indonesia yakni sekitar 4,4%.

Self-Regulatory Organization (SRO) yang dimotori oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki target untuk menjadikan pasar modal Indonesia menjadi pasar modal yang terbaik minimal di kawasan ASEAN pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.