Cerdaskan Otak Dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Tahukah kamu jika makanan yang kamu konsumsi selain dapat menjaga kesehatan tubuh juga dapat menyehatkan dan mencerdaskan otak? Itulah mengapa seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi agar otak janin dapat berkembang secara optimal. Otak yang sehat akan memaksimalkan fungsinya dengan baik.

Nah, jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat dan otak yang dapat berfungsi dengan baik, sebaiknya konsumsilah beberapa makanan dibawah ini.

Minyak ikan

Minyak ikan yang terdapat pada ikan mengandung omega 3 yang sangat tinggi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi otak. Minyak ikan juga dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi daya ingat pada otak. Namun sayangnya kesadaran masayarakat indonesia akan manfaat minyak ikan ini terbilang rendah sehingga jarang yang mau mengonsumsi minyak ikan.




Sayuran berdaun hijau

Salah satu manfaat mengkonsumsi sayuran yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang adalah dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyerap informasi kemudian mengingatnya. Itulah mengapa sejak kecil kita dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayuran khususnya yang berdaun hijau. Hal ini dikarenakan sayuran mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi seperti beta karoten dan vitamin C.

Telur

Telur mengandung mineral dan vitamin yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Kandungan zat besi dan vitamin B12-nya dapat memaksimalkan asupan oksigen ke otak. Sedangkan kandungan yodiumnya dapat meningkatkan kemampuan otak dalam memecahkan suatu masalah dengan baik.

Teh hijau

Seperti yang kamu ketahui bahwa kurang lebih 80% otak terditi dari air. Untuk menjaga kesehatan otak agar dapat berfungsi dengan baik maka tubuh kita tidak boleh mengalami dehidrasi. Konsumsilah teh hijau karena teh hijau mengandung zat antioksidan yang tinggi yang mampu meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan otak.

Cokelat

Ternyata cokelat dapat membantu meningkatkan kesehatan otak karena memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid ini memiliki dua manfaat pada otak yaitu dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan dapat membantu proses pembentukan neuron baru di otak sehingga kemampuanmu dalam mengingat sesuatu akan meningkat.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyehatkan tubuh sekaligus dapat mencerdaskan otak. Jika kamu ingin menjaga kesehatan otak agar dapat berfungsi maksimal meskipun umur makin menua sebaiknya konsumsilah makanan yang telah disebutkan di atas secara teratur.




 




Leave a Reply

Your email address will not be published.