Waspadai 3 Tanda Dehidrasi Berikut Ini

Waspadai 3 Tanda Dehidrasi Berikut Ini

Seperti yang kamu ketahui bahwa tubuh kita membutuhkan cairan agar bisa melakukan aktifitas dengan baik dan membuat tubuh tetap bugar. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan baik yang ringan maupun berat. Sayangnya banyak diantara kita yang tidak menyadari ketika tubuh sedang mengalami dehidrasi.

Selain rasa haus, sebenarnya ada tanda-tanda lainĀ  yang menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Nah, berikut di bawah ini beberapa gejala yang perlu diwaspadai akibat dehidrasi yang sering kali tidak disadari oleh beberapa orang.

Sakit kepala

Beberapa orang tubuhnya akan tetap kuat meskipun tidak minum selama satu hari penuh. Tapi jumlah cairan dalam tubuh akan terus berkurang karena tubuh tidak disuplay cairan. Tubuh yang kehilangan cairan juga akan kehilangan garam penting seperti potassium dan sodium. Berkurangnya garam ini akan menyebabkan zat kimia dalam darah ikut terganggu sehingga otak menjadi lebih sensitif yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Jika dehidrasi ini tidak segera diatasi maka sakit kepala yang dirasakan akan semakin parah. Hal ini disebabkan otak tidak mendapatkan suplay oksigen yang cukup karena banyaknya cairan yang hilang dari tubuh. So jika tiba-tiba kamu merasakan sakit kepala bisa jadi itu tanda bahwa tubuhmu sedang dehidrasi, segera ambil air minum agar tidak semakin parah.

Urine berwarna kuning pekat

Gejala tubuh mengalami dehidrasi dapat kamu lihat dari warna urine. Ketika kamu buang air kecil, coba perhatikan warna urinemu apakah kuning pekat atau tidak. Jika urine berwarna kuning pekat itu artinya tubuhmu sedang mengalami dehidrasi. Mengapa bisa demikian? Itu karena prosentase zat sisa yang dibuang oleh tubuh lebih banyak daripada cairan sehingga warnanya kuning pekat. Jika jumlah cairan tubuh cukup maka urine akan bening dan tidak berwarna.

Konstipasi

Pernah mengalami konstipasi atau susah buang air besar? Nah, konstipasi ini selain tanda bahwa tubuh kekurangan serat juga merupakan gejala bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Cairan juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengeluarkan zat sisa dari dalam tubuh. Jika kamu kekurangan cairan maka proses keluarnya zat sisa dari dalam tubuh tidak akan mudah sebagaimana mestinya. Itulah mengapa kamu mengalami konstipasi ketika sedang dehidrasi.

Beberapa tanda dehidrasi diatas sebaiknya kamu ketahui dengan baik sehingga jika tiba-tiba kamu merasakan satu atau beberapa gejala di atas kamu bisa langsung tahu bahwa tubuhmu sedang dehidrasi dan mengambil tindakan yang tepat agar tidak semakin parah. Meski demikian, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Maka, pastikan tubuhmu tidak kekurangan cairan dengan minum minimal 8 gelas sehari.




Leave a Reply

Your email address will not be published.