Ciptakan Rekor pada 2016, Kinerja Pasar Modal Diyakini Makin Baik 2017

Jakarta, Jelasberita.com | Sederet sentimen berskala global mewarnai perjalanan pasar modal di 2016. Sebenarnya tidak terhitung jumlahnya, tapi setidaknya tiga yang cukup mengejutkan dan menjadi perhatian serius pelaku pasar tahun lalu, yakni pelambatan ekonomi dunia yang berlanjut, keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa atau Brexit serta hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang dimenangkan Donald Trump.

Harus diakui, tekanan sentimen itu sempat membuat Pasar Modal Indonesia dilanda gejolak. Tapi keyakinan investor terhadap fundamental ekonomi Indonesia serta pencapaian kinerja emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang tetap tumbuh impresif membuat Pasar Modal Indonesia mampu melalui tantangan berat itu, bahkan bisa meraih kinerja terbaiknya sepanjang sejarah sejak berdirinya Pasar Modal Indonesia pada tahun 1977.

Pada penutupan perdagangan BEI tanggal 30 Desember 2016, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada level 5.296,71. Artinya sepanjang tahun 2016 IHSG mencatat pertumbuhan 15,32%. Hasil itu membuat bursa kita menjadi salah satu bursa terbaik di dunia. Direktur Utama BEI Tito Sulistio membandingkan, pencapaian IHSG merupakan yang tertinggi dari emerging market lain. Sementara di tingkat Asia Pasifik nomor dua terbaik, sementara di level dunia merupakan nomor lima terbaik.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.