Dialog Bersama Mentri Pendidikan Oleh Pemuda Muhammdiyah

Medan, Jelasberita.com | Ketua PW. Muhammadiyah Sumut Prof. Dr. Hasyimsyah, MA dalam sambutannya mengatakan Pendidikan merupakan sebuah proses penting dalam kehidupan manusia, karena melalui proses ini manusia dibentuk dan dilahirkan sebagai seorang manusia yang utuh dan sebenarnya.

Pendidikan semestinya bertanggungjawab terhadap proses pencerdasan bangsa dan berimplikasi kuat pada proses empowerment (pemberdayaan). Hal ini perlu ditegaskan kembali, karena tingkat Pendidikan yang meningkat ternyata tidak selalu inheren dengan tingkat pemberdayaan, dan karenanya tidak inheren pula dengan tingkat kemandirian.

Sebaliknya, kadang-kadang meningginya tingkat pendidikan malah berimplikasi padamakin meningkatnya ketergantungan kepada pihak-pihak lain. Dalam upaya mencerdaskan bangsa pendidikan seharusnya dipandang sebagai alat perjuangan pencerahan manusia.




Sebagai alat perjuangan pencerahan manusia maka minimal ada tiga aspek yang harus ada dalam sebuah proses pendidikan. Pertama, Aspek iman, yang berorientasi pada proses pembentukan keyakinan manusiaakan penciptanya (spiritualitas).

Kedua, Aspek kognisi, yang berorientasi padaperubahanpolapikir (intelektualitas). Ketiga, Aspek affeksi, yang berorientasi pada perubahan sikap mental dan perilaku (mentalitas).

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.