Penyebab Indonesia Impor Garam, Walaupun Garis Pantai Panjang

m.suarakarya.id

Medan, Jelasberita.com|kebutuhan nasional untuk garam tidak mencukupi dari produksi garam dalam negeri. Oleh karena itu, Indonesia untuk memenuhi kebutuhan garam yang kurang tersbut, Indonesia mengimpor garam dari luar, walaupun Indonesa memiliki garis pantai yang sangat panjang.

Ada beberapa factor yang Ekonom Faisal Basri jelaskan. Bukan hanya panjang garis pantai yang dapat menjadi patokan dalam memproduksi garam namun ada indicator-indikator lainnya dalam pemerosesannya.




Namun Basri langsung meluruskan pemikiran bahwa dengan garis pantai yang panjang, Indonesia seharusnya mampu swasembada garam.

Basri melanjutkan, garis pantai Indonesia mencapai 54 ribu kilometer (km), namun bukan berarti semua pantai tersebut dapat di gunakan menjadi tambak garam. Malahan ada beberapa pantai di Indonesia yang tidak efisien jika dijadikan menjadi tambak garam.

Faisal mengatakan bahwa adanya salah kaprah di masyarakat. Garis pantai yang panjang bisa produksi sendiri dan tidak harus impor garam.

Ketua Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI‎) Toni Tanduk melanjutkan bahwa tidak sembarangan lahan pantai yang dapat di jadikan tambak garam. Tanah untuk memproduksi garam harus landai dan padat mejadi factor penentu pembuatan garam.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.