Uji Coba Nuklir Korea Utara Yang Kelima

Uji Coba Nuklir Korea Utara Yang KelimaUji Coba Nuklir Korea Utara Yang Kelima
Image via https://news.idntimes.com

Washington, Jelasberita.com | Uji coba nuklir kembali dilakukan oleh Korea Utara (Korut), hal ini kelima kalinya dilakukan, uji coba nuklir tersebut telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye setelah usai uji coba nuklir, langsung mendapat telepon dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Institut Persenjataan Korea Utara, menyatakan seperti yang diedarkan kantor berita KCNA,  bahwa uji coba itu merupakan keinginan kuat Partai Buruh Korea dan rakyat Korea untuk “membalas jika ada provokasi dari pihak lawan”. Uji coba ini memunculkan reaksi dari dunia internasional, terutama negara-negara yang berdekatan dengan Korea Utara.




Kantor kepresidenan Korsel, Blue House juga menyatakan, Obama mengatakan akan mengambil tindakan sesuai traktat pertahanan bersama dengan Korsel. Hal ini dikatakan dalam percakapan telepon selama sekitar 15 menit.  Termasuk akan memberikan perlindungan nuklir terhadap Korsel dari setiap ancaman Korut.

Kedua pemimpin sepakat menggunakan semua cara-cara yang ada untuk menekan Korut agar menghentikan program nuklirnya. Ini termasuk, mengeluarkan resolusi baru Dewan Keamanan PBB. Obama memastikan bahwa AS akan melindungi negara-negara sekutu dari setiap ancaman Korut.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.