BIN Fokus Menghadapi Ancaman Cyber War

Image Via http://ntmcpolri.info/

Jakarta, Jelasberita.com | Ancaman terhadap negara sudah semakin kompleks. Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Komjen Budi Gunawan harus memfokuskan institusinya agar siap menghadapi cyber war. Seperti yang dipaparkan oleh Calon Kepala BIN Budi Gunawan. Ancaman tersebut mulai dari cyber war hingga radikalisme.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan Budi menjelaskan, bahwa ancaman strategis terhadap keamanan nasional yang muncul dari eksternal semakin kompleks, sedangkan yang tradisonal bersifat asimentris dan tidak berpola, hal ini dipaparkan di Komisi I, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).




Dalam sesi pemaparan visi secara tertutup, Budi menyampaikan misi dan program. Budi lebih merincikan kembali ancaman-ancaman tersebut. Ancaman geostrategi mencakup ketegangan di berbagai wilayah, terutama antara Amerika Serikat dan sekutunya, Rusia dan sekutunya, ketegangan di Laut China Selatan, Semenanjung Korea, hingga gejolak di Turki.

Terdapat juga persaingan global dalam bidang politik, pertahanan, dan keamanan. Ancaman dalam bentuk perang proxy atau proxy war juga terjadi. Dengan demikian tantangan BIN kedepan adalah digital intellegence (intelijen digital) untuk memasuki era tekhnologi.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.