KIK-DIRE, Peluang Investasi di Industri Properti

Foto : Bisnis.com

Jakarta, Jelasberita.com | Berinvestasi di properti selama ini membutuhkan dana yang besar karena nilai properti yang tinggi. Tetapi dengan hadirnya produk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Dana Investasi Real Estat (KIK-DIRE) di pasar modal Indonesia, masyarakat umum bisa ikut berinvestasi di industri properti.

KIK- DIRE hampir sama dengan reksa dana, ditawarkan dalam bentuk unit penyertaan yang nilainya relatif terjangkau. KIK-DIRE dikenal juga sebagai REIT (Real Estate Investment Trust), merupakan salah satu sarana investasi baru yang secara hukum di Indonesia berbentuk KIK (Kontrak Investasi Kolektif). DIRE diartikan sebagai kumpulan uang pemodal yang oleh perusahaan Manajer Investasi akan diinvestasikan ke bentuk aset properti dengan membeli gedung-gedung sebagai portofolio-nya.




Dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) disebutkan, KIK-DIRE diwajibkan menginvestasikan minimum 80% dari dana kelolaannya ke real estate dan aset yang berkaitan dengan real estate di mana minimum 50% nya harus berbentuk aset real estate langsung. KIK-DIRE tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Seperti saham, KIK-DIRE memberikan dividen secara berkala kepada investornya.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.