Pilih Mana, Bunga Fixed atau Floating?

Jakarta, Jelasberita.com | Kredit pemilikan rumah (KPR) di bank konvensional biasanya memiliki dua pilihan bunga yang ditawarkan. Produk pertama yang ditawarkan adalah KPR dengan bunga floating atau bunga yang nilainya dapat naik atau turun mengikuti acuan suku bunga yang tengah berlaku. Produk kedua yang ditawarkan adalah KPR dengan bunga yang fixed atau tetap di tahun-tahun pertama.

Lalu jenis produk KPR manakah yang menjadi pilihan terbaik bagi rumah yang akan dibeli? Hal tersebut tergantung kebutuhan dan kecocokan Anda akan produk tersebut. Sebagai nasabah atau calon debitur, Anda sebaiknya tidak terlalu tergiur dengan tawaran yang diajukan oleh perbankan. Anda tetap harus mempertimbangkan tawaran tersebut karena KPR sendiri merupakan sebuah komitmen jangka panjang.

Perlu dicermati bahwa banyak bank konvensional yang menawarkan bunga fixed di awal tahun pembayaran kredit memiliki kecenderungan untuk menaikkan bunga di atas suku bunga yang berlaku di pasaran. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi para nasabah atau debitur.




Debitur biasanya akan kaget karena setelah memasuki masa floating, tagihan KPR akan membengkak. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kredit macet. Banyak masyarakat pembeli rumah yang kesulitan untuk membayar KPR setelah mereka memasuki masa floating.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.