Ini Provinsi dengan Penduduk Miskin Terbanyak

bisniskeuangan.kompas.com

Medan, Jelasberita.com| Badan Pusat Statistika melaporkan bahwa jumlah penduduk orang miskin secara nasional tercatat sebanyak 28,01 juta jiwa per Maret 2016. Dan sebanyak 10.23 persen atau 14,70 juta jiwa berdomilisi atau bertempat di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Timur sebagai provisi dengan jumlah 4,70 juta orang miskin.

Kepala BPS Suryamin mengatakan bahwa penduduk miskin di pulau Jawa tersebar di perkotaan sebanyak 6.90 juta orang miski dan 8.07 juta yang tinggal di pedesaan. Jumlah ini menurun karena ketika di bedah, pada tahun 2015 dengan realisasi 15,45 juta orang. Sedangkan pada Maret 2014, orang miskin di Indonesia mencapai 15,51 juta jiwa.




“Jadi lebih dari separuh orang miskin di Indonesia per Maret ini ada di Pulau Jawa,” kata Suryamin saat Rilis Profik Angka Kemiskina di kantor BPS, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Dengan ini Suryamin berharap pembangunan infrastruktur di Jawa, seperti til Trans Jawa dapat menyerap tenaga kerja menengah ke bawah lebih luas. Hal itu akan berdampak besar dengan peningkatan pendapatan masyarakat sehingga dapat menekan angka penduduk miskin di Jawa.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.