Gerakan Sejuta Koperasi Unit Desa Membantu Pemerintah Mengawasi Distribusi Pupuk Bersubsidi

sumber gambar : www.beritasatu.com

Oleh : Manuel Tambunan

Indonesia merupakan negara agraris yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani.Jumlah petani Indonesia pada tahun 2003 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 31 juta jiwa, namun penurunan besar-besar terjadi setiap tahunnya, hingga pada tahun 2013 menurun menjadi 26 juta jiwa.

Terjadi perpindahan profesi besar – besaran menjadi salah satu penyebab utama berkurangnya petani di Indonesia.Meskipun terjadi perpindahan profesi skala besar namun tidak memberikan kontribusi perubahan ke sektor perpindahan tersebut, seperti sektor industri dasar yang tidak mengalami pertumbuhan signifikan dari tahun ke tahun, meskipun jumlah angkatan kerjanya terus bertambah.

Perubahan dan perpindahan profesi pertanian di Indonesia tidak seharusnya terjadi secara drastis, dimana lebih kurang 5 juta petani alih profesi. Kemiskinan menjadi akibat dari alih profesi ini, dimana jumlah penduduk miskin dan pengangguran semakin bertambah, padahal sektor pertanian masih mampu mengatasi persoalan sosial kemiskinan dan pengangguran jika dikembangkan secara serius.

Kesulitan dan Masalah Petani Indonesia

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.