Ingin Olahraga saat Puasa? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih dahulu

bulan puasa

Anda adalah salah satu orang yang pantang menyerah untuk tetap ingin ‘memelihara’ kesehatan tubuh dengan berolahraga, maka puasa bukanlah sebuah halangan. Tetapi jangan sampai anda mengabaikan kondisi tubuh yang sedang berpuasa.

Tidak seperti hari biasa, tubuh saat berpuasa berbeda kondisinya. Kemampuan fokus, adaptasi ritme makan, juga kekuatan tubuh tak dapat begitu menunjang saat anda berolahraga. Namun, olahraga tetap bisa dilaksanakan asal memperhatikan hal-hal berikut ini.




1. Waktu berolahraga di kala puasa tergantung dari energi dan jadwal yang Anda miliki

Waktu yang tepat saat berolahraga adalah kira-kira di 4 waktu ini.

  1. Sesaat sebelum berbuka puasa, saat ini tentu tubuh akan merasa terkuras energinya dan bekerja lebih keras namun menu buka puasa dapat menjadi ‘reward’ setelah lelah berolah raga. Kurma adalah menu buka puasa yang baik untuk anda yang usai berolahraga dan membutuhkan asupan banyak energi.
  2. Pasca berbuka puasa, tubuh akan memiliki energi sebab telah memakan menu buka puasa.
  3. Setelah makan malam, atau setelah melaksanakan sholat Tarawih. Makan yang sudah dikonsumsi dapat menjadi energi bagi tubuh.
  4. Sebelum sahur, saat ini makan sahur bisa menjadi ‘reward’ bagi tubuh anda setelah lelah berolahraga.

Jangan sekali-kali berolahraga di siang hari sebab dehidrasi dan cidera menjadi resiko utama. Belum lagi tubuh akan berusaha keras untuk bertahan hingga waktu berbuka.

2. Jangan lakukan olahraga di 7 hingga 10 hari awal puasa

Jangan berolahraga di minggu awal atau 10 hari pertama puasa, sebab tubuh masih sedang melakukan adaptasi dan belum efisien untuk menjadikan sahur sebagai energi. Saat ini tubuh anda masih terbiasa untuk makan sepanjang hari.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.