Desa botol plastik, solusi kreatif untuk kurangi limbah di Panama

botol plastik

Bila biasanya sampah botol plastik selalu dibuang secara percuma, berbeda dengan yang terjadi di sebuah Desa di Panama dalam memperlakukan botol bekas. Di desa ini sampah botol bekas dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membangun rumah warga. Kreativitas ini patut mendapat acungan jempol.

Bagaimana tidak, rumah-rumah yang bisa dikatanka permanen ini adalah rumah murah dan ramah lingkungan dengan bentuk yang sama dengan rumah biasa. Ini adalah solusi nyata dari permasalahan limbah botol bekas.




20160603145324-2-desa-botol-plastik-di-bocas-del-toro-panama-003-tantri-setyorini

Ide cemerlang ini merupakan buah pikiran dari seorang warga bernama Robert Bezeau. Ketika pindah ke Panama, pria asal kanada ini menghadapi kenyataan bahwa wilayah tempat tinggalnya yang baru menghadapai permasalah serius terhadap limbah botol bekas. Warga mengalami kekurangan sumber daya untuk hidup sehari-hari, selain itu mereka tidak memiliki pengetahuan yang memadai dalam mengolah sampah, dan mereka tidak memiliki akses pada sumber daya yang diperlukan untuk melakukan proses daur ulang.

20160603145324-3-desa-botol-plastik-di-bocas-del-toro-panama-004-tantri-setyorini

Karena itulah sebuah ide muncul dari pemikiran Robert untuk membuat sebuah desa yang akhirnya dinamai sebagai Bottle Village hingga saat ini. Ia dan tim yang dibentuknya mendirikan rumah-rumah huni dengan menggunakan bahan dasar botol bekas sebagai pengganti bata. Botol-botol bekas itu disusun rapi dan dilapisi semen. Hunian yang berada di area seluas 33 hektar meliputi seluruh Isla Colon itu menjadi penuh oleh hunian murah dan ramah lingkungan dari limbah botol bekas.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.