Cara Menjadi Investor Saham

Jakarta, Jelasberita.com | Mau mulai berinvestasi saham? Caranya tidak sulit, agar bisa bertransaksi saham, calon investor harus datang ke perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas atau disebut juga perusahaan efek adalah lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini ada 115 perusahaan efek yang juga tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI).

Untuk mengetahui nama-nama perusahaan efek dan profil serta alamat dan kontak setiap perusahaan, calon investor bisa melihat datanya di www.idx.co.id BEI. Bukalah rekening investor, hanya di perusahaan efek yang tercatat di BEI. Sejumlah perusahaan memiliki kantor cabang di berbagai tempat dan di berbagai daerah. Jadi, investor tinggal mendatangi kantor perusahaan sekuritas yang paling dekat dengan tempat tinggal atau kantor masing-masing.

Ada dua jenis formulir yang akan diberikan perusahaan sekuritas atau perusahaan efek untuk diisi investor. Formulir Pembukaan Sub Rekening Efek, dan Formulir Rekening Dana Investor (RDI). Dana investor akan tersimpan di rekening khusus sehingga tidak tercampur dengan dana milik perusahaan sekuritas. Sebagai persyaratan, calon investor akan diminta memberikan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), serta halaman depan buku tabungan yang akan didaftarkan dalam Formulir Pembukaan Sub Rekening Efek.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.