Jangan tahan kentut nanti bisa terjadi hal ini

kentut

Kentut atau gas yang keluar dari dalam tubuh merupakan aktivitas normal yang dilakukan oleh setiap manusia dan hewan. Gas yang keluar dari dalam tubuh ini akibat proses fermentasi makanan yang sedang dicerna oleh usus.

Makanan yang sudah kita konsumsi akan mengalami proses fermentasi dengan melibatkan bakteri di dalam perut, dalam prosesnya akan menciptakan gas yang sering dibarengi dengan aroma tidak sedap. Karena itulah kentut menjadi sesuatu yang memalukan padahal menyehatkan dan banyak orang yang memilih untuk menahannya.




Apa yang terjadi bila menahan kentut?

Penelitian mengenai kentut yang dilakukan di NYU Langone Medical Center menyatakan bila kentut atau buang angin tidak dilakukan dan memilih untuk ditahan maka akan teerjadi masalah pada perut seperti menyebabkan rasa nyeri dan kembung.

Mengapa nyeri? Karena gas yang mengandung Hidrogen Sulfida terperangkap di dalam perut dan menekan dinding usus. Bila terus menahannya, akibatnya perut akan terasa sangat kaku dan akan menyulitkan tubuh untuk bergerak. Maka sebaiknya jangan tahan buang angin.

Apa yang harus dilakukan agar kentut tidak berbau menyengat? 

Bila Ada beberapa saran melalui penelitian yang dilakukan mengenai meminimalisir agar kentut tak berbau menyengat. Yang perlu anda hindari adalah kurangi konsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti makanan bersantan, junk food, goreng-gorengan dan lain sebagainya. Selain itu, makanan dengan rasa pedas yang menyengat dapat menjadi faktor gas dalam tubuh beraroma tidak menyenangkan.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.