Ini Fakta Menarik Mengenai Plastik

plastik

Pernah bertanya dari apakah botol minuman soda, botol saus, kantung belanja juga bungkus tisu? Semuanya terbuat dari Plastik dan hampir semua barang di sekitar kita terbuat dari bahan ini seperti casing handphone, pakaian, sikat gigi dan lain-lain.

Plastik bukanlah berasal dari bahan alami, bahkan campurannya tidak satupun berasal dari bahan alami, keseluruhan materi pembuatanpelasti merupakan bahan kimia buatan manusia. Dan bahan utama pembuatannya kebanyakan adalah berasal dari minyak mentah yang diproses dengan berbagai cara sehingga menjadi bahan kimia yang dapat membentuk benda serba guna ini.




Plastik pertama kali muncul pada tahun 1909 dengan nama Bakelite. Cara pembuatannya adalah dengan mengaitkan molekul – molekul kecil membentuk rantai – rantai panjang. Berbagai macam bentuk rantai akan menciptakan Plastik dalam berbagai jenis. Plastik memang dibuat di dalam pabrik, namun Plastik-Plastik dengan ide terbaru diciptakan lebih dulu oleh ahli kimia di dalam laboratorium barulah diproduksi secara massal di pabrik.

Berbagai bentuk Plastik dapat ditemui di sekitar kita, mulai dari bentuknya transparan seperti pada botol air dan map pelindung kertas. Bisa pula dibuat menjadi warna-warni seperti pada bungkus kabel. Bisa juga dibuat menjadi gelembung – gelembung yang ringat ataupun padat. Dapat pula dibentuk menjadi serat – serta seperti benang yang bisa ditenun menjadi kain.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.