Memetik Manfaat Investasi Reksa Dana

Jakarta, Jelasberita.com | Bila saat ini Anda seorang deposan, atau gemar menyimpan dana dalam instrumen deposito perbankan. Belakangan ini mungkin Andadilanda gundah gulana lantaran bank mulai menurunkan suku bunga deposito. Langkah bank tersebut merupakan penyesuaian atas penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) yang turun.

Sejak awal 2016 hingga pertengahan Maret 2016, sudah tiga kali BI memangkas BI Ratesebesar 25 basis poin. Dari level 7,25% menjadi 6,75%. Tidak berhenti disitu, pemerintah akan terus mendorong penurunan suku bunga dengan tujuan agar memompa perekonomian. Kita tahu suku bunga rendah memang menjadi stimulus bagi masyarakat maupun korporasi untuk menggunakan kredit perbankan.

Sebaliknya bagi deposan penurunan suku bungatentu saja bumerang.Belum lagi tren kenaikan kredit bermasalah bank (non performing loan/NPL) perbankan yang naik, membuat risiko bank meningkat yang pada akhirnya berpotensi merugikan deposan. Berdasarkan data Bloomberg Finance, rata-rata NPL perbankan Indonesia naik menjadi 2,73% dibanding posisi kuartal III yang masih berada di level 2,75%.




Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5 6







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.