Nasib Tragis Sipolha, Simalungun

Tujuh puluh tahun Indonesia merdeka, Sipolha Simalungun belum mengenal listrik dan infrastruktur jalan.
***


PROGRAM pembangunan dari desa yang digadang-gadang pemerintah hanyalah slogan. Buktinya Masih banyak warga Negara kita di daerah pinggiran yang belum menikmati listrik. Kementrian ESDM mencatat ada 12.659 desa di Nusantara yang belum mendapat aliran listrik PLN.

Dari angka itu, 2.519 desa sama sesekali tak tersentuh arus listrik. Salah satu daerah di Sumatera Utara adalah Repa Sipolha Horison. Presiden Jokowi melalui program “Indonesia Terang” menebar harapan dengan mega proyek 35.000 MW arus listrik bagi daerah. Ia menghendaki republik ini berdaulat secara energi. Namun rencana pusat juga perlu mendapat dukungan penuh dan sinergitas dari pemerintah daerah. Salah satunya peran Simalungun.




Mengunjungi Sipolha, di Kecamatan Sidamanik, penulis disambut dengan fenomena kesenjangan pembangunan. Infastruktur jalan tidak ada dan aliran listrik juga nihil. Padahal, Kabupaten ini salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat kaya dengan pendapatan daerah yang fantastis. Namun, keberpihakan pada daerah-daerah pinggiran sama sekali tidak ada. Tak heran jika denyut kehidupan di sekolah dan gereja sudah tak terdengar lagi. Karena sekolah telah berubah menjadi sarang anjing.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.