Panama Papers, Pembocoran Data Transaksi Kotor Dunia Sepanjang Sejarah

foto: Panama Papers (bbc)

Jelasberita.com| Sejak Minggu (3/4) malam, para pengguna Internet dihebohkan dengan ramainya kebocoran data-data finansial mengenai pencucian uang, tindakan korupsi, manipulasi pajak yang dilakukan oleh para pesohor, kepala negara, selebriti, ataupun kaum elite lainnya dari berbagai negara di seluruh dunia yang dijuluki dengan ‘Panama Paper’. Kebocoran informasi ini bahkan disebut-sebut sebagai yang terbesar di Abad 21 ini.

 




Dikutip dari pemberitaan Tempo, kebocoran dokumen ‘rahasia’ tersebut didapat dari salah satu firma hukum asal Panama bernama Mossack Fonseca yang berisi berbagai data sebesar 2,6 terrabyte. Yang merupakan rangkuman dokumen dari tahun 1977 hingga awal 2015. Pengungkapan ini berkat Investigasi dari organisasi wartawan Global.

 

Dalam dokumen tersebut terungkap bahwa adanya dunia tanpa pajak bekerja atau disebut ‘offshore’. Adalah Mossack Fonseca yang memberikan jalan untuk tetap menjaga kerahasiaan finansial kepada para Elite, mafia narkoba, milyuner, selebritas, dan lain-lain yang hendak mendirikan perusahaan di sebuah negara yang bebas pajak seperti Panama atau British Virgin Island.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.