Festival Pasar Modal Syariah 2016

Dengan jumlah penduduk Muslim yang sangat besar, idealnya Pasar Modal Syariah sudah jauh lebih berkembang dibanding saat ini. Berbagai upaya sosialisasi yang digelar para Self Regulatory Organization (SRO) hanya bisa meningkatkan jumlah investor syariah menjadi sekitar 3.400 orang pada akhir tahun 2015.

Namun di balik angka itu memperlihatkan potensi yang tidak kecil. Sebab, upaya SRO selama enam bulan terakhir 2015 sesungguhnya berhasil meningkatkan jumlah investor sekitar 40% menjadi 3.400 orang. Direktur BEI Nicky Hogan mengatakan, terdapat penambahan 1.400 orang selama 6 bulan sosialisasi.

Melihat fakta tersebut, apalagi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 250 juta jiwa, potensi pasar modal syariah tentu sangat besar. Walau awal tahun ini tekanan global terhadap pasar modal Indonesia masih terasa, namun tanda-tanda pemulihan mulai terlihat. Dalam negeri, sejumlah indikator ekonomi mulai menunjukkan tren positif, yang tentu saja akan berimbas positif pada pemulihan pasar modal Indonesia.




Selaras dengan tren positif tersebut, sangat tepat bila PT Bursa Efek Indonesia, Kliring Penjaminan Efek Indonesia, Kustodian Sentral Efek Indonesia, bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan menyelenggarakan Festival Pasar Modal Syariah 2016. Event ini merupakan agenda kegiatan pasar modal syariah pertama yang akan berlangsung di Gedung Bursa Efek Indonesia. Tujuannya meningkatkan angka literasi pasar modal syariah dan meningkatkan investor Pasar Modal Syariah Indonesia.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.