Ini Cara Melaksanakan Shalat Gerhana Matahari

shalat gerhana matahari

Bagi umat Islam ketika terjadi fenomena gerhana matahari maka dianjurkan untuk melaksanakan shalat Kusuf. Sebenarnya saat gerhana matahari terjadi shalat yang dilakukan ada dua jenis yaitu Shalat Khusuf dan shalat Kusuf.

Shalat Khusuf adalah shalat yang dilaksanakan ketika terjadi fenomena alam gerhana bulan. Berbeda dengan shalat Khusuf, selain penggunaan huruf untuk nama yang berbeda waktu pelaksanaannya juga berbeda. Shalat yang dilaksanakan ketika sinar matahari menghilang dari bumi atau ketika gerhana matahari maka disebut dengan shalat Kusuf atau shalat gerhana matahari. Shalat Kusuflah yang dianjurkan para ulama dan pemerintah kota di sebagian wilayah Indonesia yang terkena Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 pagi.




Penganjuran melaksanakan shalat ini juga berbdasarkan dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Dalam hadits tersebut mengatakan Rasulullah pernah melaksanakan shalat yang disebut dengan shalat Kusuf ketika terjadi gerhana matahari hal ini diketahui menurut penurutan Aisyah r.a.

Shalat Kusuf terdiri dari 2 rakaat dan banyak ulama yang menganjurkan ketika di bagian Sujud dan Raka’at maka sebaiknya diperpanjang bacaan doanya. Berbeda dengan shalat wajib yang bisa dilaksanakan secara individu dan berjamaah, Shalat Kusuf dilaksanakan secara berjamaah sama seperti yang dilakukan oleh Rasulullah kala itu.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.