Dituding Sindikat Jual-Beli Ginjal, RSCM Bantah Terlibat

Gambar ilustrasi penjualan ginjal/istimewa

Jakarta, Jelasberita.com| Setelah terbongkarnya sindikat jual-beli ginjal, polisi mulai menyelidiki Rumah Sakit yang terlibat dalam aksi jual-beli organ tersebut. Nama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pun diduga menjadi tempat pengoperasian si penjual untuk mengambil ginjalnya.

Adanya berita tersebut, pihak RSCM pun membantah keterlibatan dokter-dokternya dalam kasus jual-beli ginjal tersebut. Direktur Utama RSCM C.H. Soejono mengatakan operasi untuk melakukan transplantasi ginjal tersebut membutuhkan kerjasama tim, dan pihak yang terlibat ditetapkan melalui tim advokasi.




“Tidak ada dokter RSCM melakukan seperti itu. Soalnya kami punya mekanisme,” ujar Soejono membantah keterlibatan RSCM, Jumat (29/1) seperti yang dilansir dari Tempo.com.

Menurutnya, transplantasi bukanlah operasi yang main-main. Pasien yang menjalani operasi transplantasi dilakukan penahbisan melalui tim advokasi dengan ketat. Penahbisan yang dimaksud adalah penetapan pendonor ‘oke’ untuk dioperasi setelah melewati beberapa taham pengecekan sebelum operasi dilakukan.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi calon pendonor dan memastikannya bebas dari paksaan atau iming-iming lain untuk menjual ginjalnya.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.