Amerika Darurat Virus Zika, Apa Itu Virus Zika?

Microcephalus yang disebabkan oleh virus Zika pada perempuan yang hamil/istimewa

Jakarta, Jelasberita.com| Sejak tahun lalu, dunia kesehatan terfokus oleh pemberitaan tentang mewabahnya virus Zika di sebagian wilayah Amerika Latin, khususnya Brasil. Virus tersebut kemudian menyebar hingga ke sejumlah negara-negara Eropa dan menjadi perhatian dunia. Dari catatan otoritas kesehatan setempat, virus tersebut menyebar melalui wisatawan.

Gejala awal dari terjangkitnya penyakit ini sama seperti gejala-gejala yang terjadi akibat flu. Virus ini pun disebarkan sama seperti demam berdarah dan Chikungunya, yakni gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Namun virus ini tak bisa dianggap remeh, karena virus ini bisa menyebabkan bayi lahir dengan cacat. Dan kasus kelahiran bayi cacat akibat Zika telah terjadi di Brasil.




Gejala yang umum dirasakan pasien yang terkena virus ini biasanya adalah demam mendadak, lemas, kemerahan atau ruam pada kulit badan, punggung dan kaki, nyeri otot dan sendi, dan juga sakit kepala. Karena gejala virus ini mirip dengan virus Dengue yang menyebabkan demam berdarah, infeksi ini seringkali tidak terdeteksi karena umumnya gejalanya ringan.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.