Wilbur Scoville, Kimiawan yang Menciptakan Ukuran Pedas Cabai

Google Doodle hari ini, Wilbur Scoville.

Medan, Jelasberita.com| Hari ini, Jumat (22/1), giliran seorang kimiawan bernama Wilbur Scoville yang tampil di halaman pertama Google Doodle. Tak hanya animasi wajahnya, Google Doodle juga membuat video animasi Scoville yang sedang memakan cabai. Kenapa cabai?

Wilbur Lincoln Scoville, hari tepat berulang tahun yang ke 151. Scoville lahir pada 22 Januari 1865, dan ilustrasi mengenai cabai-cabai tersebut sangat lekat menggambarkan pencapaiannya semasa hidupnya.




Scoville adalah seorang ahli farmasi yang menciptakan uji organoleptik Scoville, yang sekarang disebut sebagai standar skala Scoville, untuk mengukur tingkat kepedasan cabai. Ukuran tersebut distandarkan dalam satuan Scoville Heat Units (SHU).

Dia merancang tes dan skala pada tahun 1912 saat bekerja di Parke-Davis, sebuah perusahaan farmasi. Pada tahun 1922, dia memenangkan penghargaan khusus dari Asosiasi Farmasi Amerika dan pada tahun 1929 dia mendapatkan penghargaan The Remington Honor Medal.

Skala Scoville adalah pengukur dari kepedasan cabai. Tingkat kepedasan cabai di dunia saat ini adalah cabai Carolina Reaper.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.