Ulama Senior Arab Saudi Keluarkan Fatwa Haramkan Catur

Foto ilustrasi catur. (CNN)

Arab Saudi, Jelasberita.com| Mufti senior dari Arab Saudi mengeluarkan fatwa yang mengundang kontroversi dengan melarang permaian catur. Alasannya, catur dinilai bisa memicu perjudian dan membuang-buang waktu. Abdulaziz Al-Sheikh menilai catur cenderung seperti musik yang termasuk dalam kategori kejahatan ringan.

Pernyataan tersebut muncul dalam acara televisi untuk memberikan fatwa saat menjawab pertanyaan penontn terkait hal keagamaan sehari-hari.




“Permainan catur buang-buang waktu dan kesempatan untuk menghambur-hamburkan uang,” ujarnya seperti yang dikutip dari Middleeasteye.net, Kamis (21/1) lalu.

Dia membandingkan catur dengan pertandingan di mana Islam belum datang, yakni menembak panah tanpa bulu dengan hadiah potongan daging unta. Adapun keputusan Abdulaziz tersebut mengacu pada ayah di dalam Al-Quran yang melarang hal yang memabukkan, perjudian, menyembah berhala dan ramalan.

Seperti yang dikutip dari Tempo.co, meski Abdulaziz adalah sosok yang berpengaruh di Arab Saudi, pernyataan mengenai larangan bermain catur tidaklah berkekuatan hukum. Pemberian fatwa tersebut merupakan hal yang jamak terjadi sebagai panduan agama, tetapi saran yang diberikan ulama tersebut tidak dianggap mengikat.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.