BNPT: 2,7 Juta Orang Indonesia Terlibat Aksi Terorisme

ilustrasi/istimewa

Depok, Jelasberita.com| Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan setidaknya ada 2,7 juta orang Indonesia yang terlibat dalam serangkaian serangan teror. Bahkan jumlah tersebut belum termasuk pengikut dan simpatisan jaringan teroris.

“Jumlah itu sekitar 1 persen dari total penduduk Indonesia,” kata peneliti ahli dan BNPT, Sidratahta Mukhtar, Rabu (20/1) seperti yang dilansir dari Tempo.co.




Menurut Sidratahta, orang-orang yang terindikasi berafiliasi dengan ISIS jumlahnya mencapai 0,004 persen atau sekitar 1.000 orang. Dengan jumlah yang seperti itu, dia mengatakan angka tersebut sudah cukup besar.

Berdasarkan data estimasi BNPT, ada sekitar 10-12 jaringan inti teroris yang saat ini sedang berkembang di Indonesia. Namun untuk jaringan sel-sel yang lebih kecil, dikatakannya lebih banyak lagi dari itu.

“Ada kelompok teroris yang terdiri hanya enam orang saja,” katanya.

Dikatakan Sidratahta, adapun jaringan teroris ini sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Bahkan sampai ke pelosok seperti jaringan Santoso yang bergerak di wilayah timur Indonesia.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.