Tawan, si Real ‘Iron Man’ dari Bali

Tawan, ‘Iron Man’ dari Bali di bengkelnya (kaskus.co.id)

Bali, Jelasberita.com| I Wayan Sumardana alias Sutawan atau Tawan (31), warga Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Bali, belakangan menjadi ramai diperbincangkan netizen Indonesia terkait penemuannya. Dia dijuluki sebagai manusia robot, manusia bionik, karena dia mampu merancang sendiri robot penggerak tangan kirinya yang lumpuh.

Dia menciptakan robot penggerak karena ingin tetap bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, karena tanpa alat tersebut, tangan kirinya tak mampu bergerak.




Sakit yang diderita Tawan ini sejak dirinya jatuh sakit sekitar enam bulan lalu. Dokter memvonis dirinya menderita stroke ringan, sehingga tangan kirinya lumpuh total. Namun dokter tersebut merasa heran, karena kadar kolesterol dan tekanan darahnya normal.

Mengalami kondisi lumpuh sebelah, diakuinya sempat membuatnya merasa stres. Apalagi dari keluarga yang tidak mampu. Istrinya tidak bekerja, sedangkan anaknya masih kecil-kecil. Lalu berbekal pengetahuaannya tentang elektronik, dia pun mencari informasi dari interntet untuk merancang alat atau sejenis robot yang bisa membantunya untuk menggerakkan tangan kirinya.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.