Tsai Ingwen Jadi Presiden Wanita Pertama di Taiwan

worldne.ws

Taiwan, Jelasberita.com | Tsai Ingwen dari partai Oposisi utama Taiwan menjadi presiden wanita pertama di Taiwan setelah kemenangan telak atas Kuomintang (KMT), pada Sabtu (16/1/2016).

Calon dari KMT, Eric Chu juga telah mengakui kekalahannya atas Tsai Ingwen. Hal ini terlihat dari ekspresi kecewa dan terlihat banyak orang yang menangis di markas partai itu di Taipei.




Memang perhitungan suara masih berlanjut, namun melalui siaran langsung televisi dari tempat perhitungan suara menunjukkan kalau Tsai dari Partai Demokratik Progresif (DPP) meraih kemenangan telak, dengan jumlah suara sekitar 60 persen jika dibandingkan dengan 30 persen untuk Chu.

Perolehan suara yang di peroleh Tsai itu tentunya akan menjadi kemenangan terbesar diantara setiap presiden di Taiwan, dengan rekor sebelumya adalah 58,45 persen untuk presiden KMT, Ma Yingjeou pada 2008 lalu.

“Maaf, kami kehilangan. KMT kalah dalam pemilihan umum. Kami belum bekerja cukup keras dan kami gagal mencapai harapan pemilih,” kata calon dari KMT, Eric Chu diiringi tangisan dari orang banyak yang berada di markas partai itu di Taipei.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2 3 4







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.