Afif, Sosok Sang Pencabut Nyawa Tragedi Bom Sarinah

tribunnews.com

Jakarta, Jelasberita.com | Afif alias Sunikem adalah salah satu pelaku teror bom di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016). Ia merupakan warga asli Karawang. Ia merupakan bagian dari kelompok Negara Islam dan Irak dan Suriah (ISIS).

Sebelum bergabung dengan ISIS, ia juga sudah lama dikenal memegang paham radikalisme. Ia juga sudah malang melintang di setiap pesantren di Karawang dan Subang, namun harus sering keluar tanpa izin karena memiliki pemahaman yang berbeda antara sesama penghuni pesantren dalam pemahaman Alquran. Afif juga merupakan murid terpidana kasus terorisme asal Kabupaten Sumedang, Aman Abdurahman.




Mantan narapidana kasus kepemilikan alat ledak kelompok Cibiru, Bandung, Kurnia Widodo, mengatakan pernah menjalani hukuman dengan Afif saat dipenjara di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang. Pada waktu itu, Afif masuk sel pada 2011 setelah terbukti melakukan kegiatan latihan militer bersama kelompok radikal di Aceh pada 2010.

“Sebelum masuk sel, dia anggota Majelis Mujahidin Indonesia kelompok Pamulang,” ujarnya.

Menurut Kurnia, Afif memang sudah lama mengutarakan ketertarikannya kepada ISIS. Ketertarikannya semakin kuat lantaran dipengaruhi Aman, yang mengklaim dirinya sebagai Amir ISIS di Asia Tenggara saat masih berada di LP Cipinang.

Halaman Selanjutnya

Halaman: 1 2







 




Leave a Reply

Your email address will not be published.